Tips Memberikan Pelayanan Kesehatan Terbaik
Disusun oleh Nana Noviada Kwartawaty, S.E., M.M ( Wakil Ketua III STIKES Telogorejo Semarang )
Metadeskripsi: Bagaimana cara melayani konsumen dengan baik dalam industri kesehatan? Simak beberapa tipsnya berikut ini!
Dalam bisnis apapun, cara melayani konsumen dengan baik adalah ilmu penting yang harus dikuasai. Ketika konsumen merasa puas dengan layanan atau produk Anda, mereka tentunya akan datang kembali. Kalau mereka datang lagi, artinya peluang untuk meraih keuntungan akan jadi lebih besar. Hal yang sama juga berlaku bagi pemilik klinik atau penyedia layanan kesehatan.
Namun, cara melayani customer yang baik tidak hanya bisa dilakukan dengan satu langkah saja. Terlebih bagi industri kesehatan yang merupakan salah satu industri yang krusial. Apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi pasien atau konsumen Anda?
Buat Semua Pasien Merasa Dihargai
Cara pertama yang bisa dilakukan untuk membuat semua pasien merasa dihargai adalah dengan menyapa mereka saat mereka tiba. Gunakan nada bicara yang menyenangkan. Buat mereka merasa didengar dan dilihat.
Keramah-tamahan tidak hanya berlaku untuk kunjungan langsung. Ketika ada pasien yang membuat janji temu dengan telepon atau pesan chat, jawablah dengan nada yang sama ramahnya.
Minimalkan Waktu Tunggu
Antrean yang panjang di klinik adalah hal yang kerap membuat pasien merasa tidak nyaman. Belum lagi jika mereka harus menunggu melebihi waktu yang seharusnya. Ingat bahwa pasien juga memiliki waktu yang sama berharganya dengan waktu Anda.
Untuk meminimalkan waktu tunggu, Anda bisa membuat sistem antrean secara online. Informasikan berapa lama kisaran waktu tunggu sehingga pasien bisa mengatur waktu kapan mereka akan tiba di klinik. Saat ini ada berbagai tools yang bisa Anda gunakan untuk memudahkan proses ini.
Terbuka dengan Kritik dan Saran
Kritik dan saran adalah dua hal yang jika dikelola dengan baik bisa membantu Anda memajukan bisnis. Ini juga berlaku bagi Anda yang memiliki usaha di bidang pelayanan kesehatan. Jangan pernah abai dengan kritik dan saran karena ini bisa membantu Anda untuk:
- Menyadari masalah dengan lebih cepat. Pasalnya, konsumen biasanya lebih jeli melihat kekurangan dibanding diri Anda sendiri atau staf Anda
- ● Memperbaiki pelayanan yang Anda miliki. Kritik dan saran bisa jadi kesempatan bagi Anda untuk mengevaluasi bisnis dan mencari cara untuk memperbaiki kualitasnya agar jadi lebih baik
- Membuat konsumen merasa didengarkan. Ketika pasien atau konsumen memberikan saran dan Anda menerimanya, ini akan membuat mereka merasa didengarkan. Tidak hanya itu, ini juga bisa jadi cara yang ampuh untuk meningkatkan kepercayaan mereka pada bisnis Anda.
Buat Catatan Riwayat Medis Setiap Pasien dengan Baik
Riwayat kesehatan atau rekam medis pasien adalah informasi yang penting untuk merencanakan perawatan dan pengobatan. Membuat data rekam medis yang baik tidak hanya akan memudahkan tenaga kesehatan yang bekerja di klinik Anda, tapi juga memudahkan pasien untuk mendapatkan penanganan terbaik.
Selain dengan metode konvensional, saat ini sudah ada aplikasi rekam medis digital yang terintegrasi dengan berbagai layanan lain seperti Siranap dan BPJS. Aturan mengenai peralihan rekam medis menjadi berbasis elektronik juga sudah disampaikan oleh pemerintah lewat Peraturan Menteri Kesehatan No. 24 Tahun 2022. Aturan ini mewajibkan semua fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) untuk melakukan transisi paling lama sampai 31 Desember 2023 ini.
Usahakan untuk Melakukan Follow Up
Pelayanan kesehatan yang baik tidak hanya diberikan saat pasien ada di pusat kesehatan itu saja. Ada juga harus melakukan follow up terkait kondisi pasien baik lewat pesan atau telepon. Anda bisa menanyakan bagaimana perkembangan pengobatan mereka sekaligus meminta feedback mengenai layanan yang Anda berikan.