Jenis-jenis Pemasaran Online dan Manfaatnya bagi Bisnis
Disusun Oleh : Nana Noviada Kwartawati, S.E., M.M ( Wakil Ketua III STIKES Telogorejo Semarang )
Metadeskripsi: Apa yang dimaksud dengan pemasaran online? Apa saja jenis-jenis pemasaran online dan manfaatnya bagi bisnis?
Selama satu dekade terakhir, pemasaran online atau online marketing menjadi bagian yang sangat penting bagi berbagai sektor industri. Keberadaannya mampu membantu perusahaan menargetkan audiens yang spesifik sehingga tujuan pemasaran bisa tercapai dengan baik.
Apa sebenarnya pemasaran online itu? Apa saja jenis-jenis pemasaran online? Apa keuntungan pemasaran online bagi bisnis Anda? Simak penjelasannya berikut ini!
Pengertian Pemasaran Online
Pemasaran online merupakan seperangkat alat atau metodologi yang dimanfaatkan untuk mempromosikan produk, baik itu yang berupa barang maupun layanan, melalui internet. Pemasaran online memiliki cakupan yang lebih luas daripada bisnis tradisional. Ini karena saluran tambahan dan mekanisme pemasaran yang tersedia di internet bisa menjangkau area yang lebih luas.
Dengan menggunakan pemasaran online, produk tidak hanya bisa dibeli oleh orang-orang yang berada dekat dengan bisnis tersebut saja. Publik yang berada di luar daerah juga bisa mengetahui keberadaan produk tersebut dan membelinya lewat internet.
Pemasaran secara online juga sering disebut dengan pemasaran internet, web marketing, dan digital marketing. Jenisnya pun beragam dan masing-masing bisa dimanfaatkan oleh berbagai sektor industri yang berbeda, sesuai dengan kebutuhan.
Jenis-jenis Pemasaran Online
Seiring dengan berjalannya waktu, jenis-jenis pemasaran online makin bertambah jumlahnya. Beberapa contoh jenis pemasaran online yang mungkin pernah Anda dengar, antara lain:
E-Commerce
Keberadaan e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, maupun Shopee, yang membuka kesempatan yang lebih luas kepada pelaku usaha untuk memasarkan produk mereka ke luar daerah. Pemasaran online lewat e-commerce terbilang sangat mudah dan hemat biaya.
Social Media Marketing
Jika lewat e-commerce kebanyakan pedagang langsung menawarkan produk mereka untuk dibeli, social media marketing atau pemasaran online lewat media sosial memiliki fungsi dan mekanisme yang lebih luas.
Jadi, selain berpromosi dan membuat calon konsumen melakukan transaksi, media sosial juga bisa menjadi cara untuk meningkatkan brand awareness di kalangan publik serta berinteraksi langsung dengan konsumen. Lewat media sosial, Anda juga bisa mendapatkan data mengenai bagaiman persepsi publik terhadap brand atau perusahaan Anda.
SEO
SEO atau Search Engine Optimization merupakan salah satu jenis pemasaran online yang sangat penting bagi Anda yang ingin menjangkau pasar yang lebih luas. Tujuan utama dari SEO adalah untuk membuat brand atau perusahaan Anda tampil di peringkat yang lebih tinggi dalam pencarian.
Misalnya saja, Anda menjual pakaian. Jika pembeli melakukan pencarian di internet dengan kata kunci “penjual pakaian”, Anda tentu ingin nama brand Anda muncul terlebih dahulu, kalau bisa di peringkat pertama. Sebab, sebanyak 71% traffic kunjungan ke situs lebih mungkin terjadi jika website Anda muncul di halaman pertama. Semakin banyak kunjungan organik ke situs Anda, semakin besar peluang produk Anda akan terjual.
Strategi SEO sendiri melibatkan berbagai teknik dan praktik yang mungkin perlu Anda pelajari dan dalami lebih jauh.
Selain ketiga jenis pemasaran online di atas, masih banyak lagi cara pemasaran internet yang bisa Anda praktikkan. Semuanya tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Pemasaran online juga sifatnya tidak terbatas. Artinya, Anda bisa bereksperimen dengan cara baru atau memadukan beberapa jenis pemasaran online sekaligus.
Manfaat Pemasaran Online bagi Bisnis
Ada banyak sekali manfaat penerapan pemasaran online. Simak beberapa di antaranya berikut ini!
- Menjangkau pasar yang lebih luas. Pemasaran online memungkinkan Anda menjangkau pasar yang lebih luas tanpa terbatas pada letak geografis. Tidak hanya luar daerah, Anda bahkan bisa menjangkau konsumen di luar negeri
- Menaikkan penjualan. Dengan jangkauan pasar yang lebih luas, kesempatan meraih angka penjualan yang lebih tinggi juga akan semakin besar
- Lebih hemat biaya. Dibandingkan metode pemasaran secara offline seperti menyewa toko, promosi dari papan reklame, media cetak atau televisi, pemasaran lewat internet jelas jauh lebih murah dan terjangkau
- Memberi kesempatan pada bisnis Anda untuk lebih memahami konsumen. Interaksi dengan konsumen di media sosial memungkinkan Anda untuk lebih dekat dengan mereka dan mengetahui perilaku mereka. Ini juga akan memudahkan Anda dalam merancang produk maupun kampanye selanjutnya.
Itu dia berbagai hal mengenai pemasaran online dan jenis-jenis pemasaran online yang perlu Anda ketahui. Tertarik untuk mengimplementasikannya pada bisnis Anda?